Wednesday, April 20, 2011

Mengetahui, Mengenal, Memahami???

Pernahkah kalian merasa telah mengenal seseorang, tapi pada titik tertentu, kalian menyadari bahwa kalian tidak tahu apa-apa tentang dirinya? 
Si Bebek pernah mengalami hal semacam ini. Beberapa kali. Tidak aneh sih. Setiap orang memang berubah atau mungkin juga karena setiap orang pasti memiliki sisi tersembunyi. Atau mungkin juga karena setiap orang memiliki bagian dari dirinya yang tidak selalu dia tunjukan kepada umum. 
Bahkan kalau dipikir-pikir kemudian, apakah kita sudah benar-benar mengenal diri sendiri dengan jelas? Karena walaupun diri sendiri yang melakukan atau memutuskan sesuatu, kadang beberapa tindakan yang si Bebek ambil mengejutkan dirinya sendiri. Atau tiba-tiba saat menemui satu hal baru, si Bebek baru sadar bahwa reaksi dirinya sendiri begitu mengagetkan dirinya sendiri. Atau tiba-tiba si Bebek menyadari bahwa dia memiliki sifat semacam ini atau semacam itu. Dan ternyata itu mengejutkan dirinya sendiri. 
Ehmmm... apakah ini karena si Bebek yang belum mengenal orang lain dan belum mengenal dirinya sendiri ya?  Mungkin si Bebek sekedar tahu, atau sekedar kenal, dan ini berbeda dengan memahami. Mungkin si Bebek kenal dan tahu diri sendiri tapi belum memahami dirinya sendiri. 

No comments:

Post a Comment